0
Home  ›  Tidak Ada Kategori

NILAI DAN NORMA SOSIAL

1.      Nilai sosial
1.      Pengertian Nilai Sosial
Nilai sosial adalah kumpulan sikap perasaan ataupun anggapan terhadap sesuatu hal mengenai baik,buruk,benar,salah,patut-tidak patutu,mulia-hina,penting-tidak penting
Pengertian nilai sosial menurut beberapa tokoh ahli sosiologi :
a)      Theodorson nilai adalah merupakan suatuabstrak yang dijadikan pedoman serta prinsip-prinsip umum dalam bertindak dan bertingkah laku.
b)      Kimbali Young .nilai sosial adalah asumsi abstrak dan sering tidak disadari tentang apa yang benad dan apa yang pentingial
c)      A.W.Green.nilai sosial adalah kesadaran yang secara relatif berlangsung disertai emosi terhadap objek.
d)      Woods.nilai sosial merupakan petunjuk umum yang telah berlangsung lama yang mengarahkan tingkah laku dan kepuasan dalam kehidupan.
e)      Koentjayaningrat menyatakan bahwa nilai sosial merupakan suatu konsep atau pandangan yang hidup dalam alam pikiran sebagau besar individu warga masyarakat tentang hal-hal yang dianggap baik atau bernilai.
f)       Robert M.Z Lawang menyatakan nilai sebagai gambaran mengenai apa yang diinginkan, yang pantas yang berharga, yang mempengaruhi perilaku sosial orang yang memiliki nilai itu.
g)      Theodorson nilai adalah merupakan suatuabstrak yang dijadikan pedoman serta prinsip-prinsip umum dalam bertindak dan bertingkah laku.
2.      Jenis-jenis nilai sosial
a.       Nilai material artinya segala sesuatu  yang berguna bagi manusia.
b.      Nilai vital artinya segala sesuatu yang berguna bagi manusia untuk dapat   
 melakukan aktivitas atau kegiatan.
c.       Nilai kerohanian artinya  segala sesuatu yang berguna bagi rohani manusia
Nilai kerohanian ini dibagi menjadi empat macam yaitu :
  nilai kebenaran/keyakinan  yaitu nilai yang bersumber dari akal manusia
  nilai keindahan yaitu nilai yang bersumber dari  unsur rasa manusia (perasaan atau estetika)
  nilai moral/kebaikan yaitu nilai yang bersumber dari unsur kehendak /kemauan(karsa,etika)
  nilai relegius yaitu nilai yang bersumber dari kekyakinan atau kepercayaan manusia, yang merupakan nilai kebutuhan kerohanian yang tinggi dan mutlak
3.      Ciri-ciri nilai sosial
Menurut D.A Wila Huky, nilai sosial mempunyai cirri-ciri sebagai berikut :
a)      Nilai sosial masyerupakan konstruksi masyarakat yang tercipta par interaksi diantara para anggota masyarakat ,nilai tercipta secara sosial , bukan secara biologis atau bawaan dari lahir
b)      Nilai sosial di tularkan. Nilai yang menyusun sistim nilai di teruskan dan dii tularkan dari satu group ke group yang lain dalam suatu masyarakat melalui berbagai macam proses sosial dari suatu masyarakat serta kebudayaan ke lainya melalui akulturasi, difusi dan lain sebagainya.
c)      Nilai di pelajari, nilai di capai dan bukan bawaan dari lahir proses belajar dan pencapaian nilai-nilai itu di mulai sejak masa kanak-kanak dalam keluarga melalui sosialisasi,
d)      Nilai memuaskan manusia dan mengambil bagaian dalam usaha pemenuhan kebutuhan-kebutuhan sosial, nilai yang telah disetujui dan telah di terima secara sosiao itu menjadi dasar bagi tindakan dan tingkah laku baik secara probadi atu secara group dan masyarakat secra keseluruhan nilai juga membantu masyarakat agar dapat berfungsi dengan baik.tanpa suatu sistim nilai masyarakat akan menjadi kacau, oleh karena itu sistim nilai sosial di pandang penting oleh masyarakat khususnya untuk pemeliharaan kemakmuran dan kepuasan sosial bersama.
e)      Nilai merupakan asumsi-asumsi abstrak dimana terdapat consensus sosial tentang harga relative dari objek dalam masyarakat. Nilai-nilai sosial secara konseptual merupakan abstraksi dari unsure-unsur nilai dan bermacam-macam objek di dalam masyarakat
f)       Nilai cenderung berkaitan satu dengan yang lainya secara komunal untuk membentuk pola-pola dari sistim nilai dalam masyarakat, bila tidak terdapat keharmonisan yang integral dari nilai-nilai sosial maka akan timbul problem sosial.
g)      Sistim nilai beragam bentuknya antara kebudayaan yang satu dengan kebudayaan yang lain, sesuai dengan penilaian yang di perlihatkan oleh setiap kebudayaan terhadap bentuk-bentuk kegitan tertentu dalam masyarakat yang bersangkutan.\
h)      Nilai sosial selalu memberikan pilihan dari sistim-sistim nilai yang ada sesuai dengan tingkatan kepentingan.
i)        Nilai sosial dapat melibatkan emosi atau perasaan.
j)        Nilai sosial dapat mempengaruhi perkembangan pribadi dalam masyarakat baik secara positif maupun negative.
4.      Fungsi dari nilai social
Secara umum nilai social mempunyai fungsi sebagai berikut :

   1.      Nilai berfungsi sebagai petunjuk arah
2.      Nilai berfungsi sebagai pemersatu yang dapat mengumpulkan orang banyak dalam kesatuan atau kelompok tertentu atau masyarakat.
3.      Nilai social berfungsi sebagai pengawasa dengan daya tekan dan pengikat tertentu
4.      Nilai berfungsi senbagai benteng perlindungan
5.      Nilai berfungsi sebagai alat pendorong atau motivator

2.       Norma sosial
1.      Pengertian Norma Sosial
Norma merupakan ukuran yang digunakan oleh masyarakat untuk mengukur apakah tindakan yang dilakukan merupakan tindakan yang wajar dan dapat diterima atau tindakan yang menyimpang.Norma dibangun atas nilai sosial dan norma sosial diciptakan untuk mempertahankan nilai sosial.
2.      Jenis-Jenis Norma Sosial
1.      Norma Sosial Dilihat Dari Sanksinya
1.      Tata Cara/ Usage  merupakan norma yang menunjuk kepada satu bentuk perbuatan sanksi yang ringan terhadap pelanggarnya. Misal:aturan memegang garpu dan sendok saat makan dan penyimpangannya:bersendawa saat makan

2.    Kebiasaan/Folkways .merupakan cara bertindak yang digemari oleh masyarakan dan dilakukan berulang-ulang,mempunyai kekuatan mengikat yang lebih besar dari penyimpangannya:membuang sembarangan dan mendapat teguran bahkan digunjingkan masyarakat.

3.  Tata Kelakuan/Moes merupakan norma yang bersumber kepada filsafat,ajaran agama dan ideolagi yang dianut masyarakat.Tata kelakuan di satu pihak memaksakan suatu perbuatan dan di lain pihak melarang suatu perbuatan sehingga secara langsung ia merupakan alat pengendalian sosial agar anggota masyarakat menyesuaikan tindakan-tindakan itu.

4.    Adat/ Customs merupakan norma yang tidak tertulis namu kuat mengika sehingga anggota masyarakat yang melanggar adat akan menderita karena sanksi keras yang kadang secara tidak langsung seperti pengucilan,dikeluarkan dari masyarakat,atau harus memenuhi persyaratan tertentu.
5.      Hukum/laws hokum merupakan norma yang bersifat formal dan berupa aturan tertulis.sangsi terhadap pelanggar sifatnya paling tegas apabila di bandingkan dengan norma-norma sosial lainya.hukkum adalah suatu rangkaian aturan yang di tujukan kepada anggota masyarakat yang berisis ketentuan-ketentuan, kewajiban, atupun larangan agar dalam masyarakat tercpta suatu ketertiban dan keadilan.
3.      Norma Sosial Dilihat dari Sumbernya
1.      Norma agama,yakni ketentuan hidup yang bersumber dari ajaran agama(wahyu dan revelasi)
2.      Norma kesopanan,ketentuan hidup yang berlaku dalam interaksi sosial masyarakat
3.      Norma kesusilaan,ketentuan yang bersumber pada hati nurani,moral,atau filsafat hidup.
4.      Norma kelaziman aturan perilaku atau adat kebiasaan melakukan sesuatu yang di dasarkan   ada tradisi budaya.
5.      Norma hukum, ketentuan tertulis yang berlaku dari kitab undang-undang suatu Negara

4.      Fungsi norma sosial
1.         Mengatur tingkah laku  masyarakat  agar sesuai dengan nilai yang berlaku
2.         Menciptakan ketertiban dan keadilan dalam masyarakat
3.         Membantu mencapai tujuan bersama masyarakat
      4.         Menjadi dasar untuk memberian sanksi terhadap warga mayarakat yang melanggar  
          norma
sosio holich simple,, and crazy boys, hoby berpetualang di alam dan ga lupa selalu gantungkan kamera di leher, wkwkwkwk,, usil, jahil, tapi ga metakil haha,, yah fotografi mengisi sisi lain kehidupan ku yg penuh dengan kesederhanaan, kadang rasa prihatin juga menghampiriku, tapi itu smua ga akan membuatku rendah diri. Dengan segala keterbatasan yg ada pada diriku, ku coba mengekspresikan.a dengan max.....
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS