Rabu, 09 Januari 2013

Mobilitas Sosial

Definisi mobilitas sosial - Lentera Putih. Dalam masyarakat jika kita pelajari lebih lanjut maka kita akan melihat beberapa tingkatan yang terbentuk secara tidak langsung dalam masyarakat. Masyarakat memiliki kelas yang berbeda satu sama lain menyesuaikan dengan status dan perannya dalam masyarakat. Selain itu salah satu fenomena yang bisa kita pelajari adalah pergeseran kelas baik naik atau turunnya peran dalam masyarakat yang disebut sebagai mobilitas sosial.

definisi mobilitas sosial

Mobilitas berasal dari kata mobilis yang berarti mudah dipindahkan. Jika kita hubungkan dengan mobilitas sosial maka dapat ditarik definisi mobilitas sosial sebagai suatu pergerakan dalam struktur kemasyarakatan berupa pola-pola tertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok masyarakat. Strukstur masyarakat yang dimaksud di sini berupa hubungan antar individu dalam kelompok atau individu dengan kelompok. Dimana struktur ini berfungsi sebagai pengawas jikalau terjadi pelanggaran-pelanggaran.

Mobilitas sosial terjadi pada semua kelompok masyarakat walaupun dengan proses yang berbeda.

Berikut ini beberapa definisi mobilitas sosial menurut ahli yang bisa kita gunakan untuk menambah pemahaman kita tentang apa itu mobilitas sosial.
  1. William Kornblum (1988:172) mengartikan definisi mobilitas sosial sebagai perpindahan individu-individu, keluarga-keluarga, dan kelompok sosial dari satu lapisan ke lapisan sosial lainnya.
  2. Michael S. Basis (1988:276) mengartikan definisi mobilitas sosial sebagai perpindahan lingkungan sosio-ekonomi baik ke atas ataupun ke bawah yang dapat mengubah seseorang di dalam masyarakat.
  3. H. Edward Ransford (Sunarto, 2001:108) mengartikan definisi mobilitas sosial sebagai perpindahan baik ke atas ataupun ke bawah di dalam lingkungan sosial secara hierarki.
  4. Kimball Young dan Raymond W. Mack (Soekanto, 2001:275)  mengartikan definisi mobilitas sosial sebagai suatu mobilitas dalam struktur sosial, yaitu pola-pola tertentu yang mengatur organisasi dalam suatu kelompok sosial. Jadi, mobilitas sosial ialah suatu perubahan atau perpindahan kelas-kelas sosial, baik keatas ataupun ke bawah, yang dialami oleh seorang individu atau kelompok sosial, sehingga memberikan dampak berupa perubahan kelas baru yang diperoleh individu atau kelompok tersebut.
Dari keempat definisi mobilitas sosial yang disampaikan oleh para ahli di atas kita dapat mengambil beberapa poin penting tentang mobilitas sosial yakni:
  • mobilitas sosial dapat berupa kenaikan atau penurunan
  • mobilitas sosial dialami manusia baik individu maupun di dalam kelompok
  • bagi anggota masyarakat yang mengalami mobilitas sosial juga akan mendapat dampak sosial.
Kesimpulan
Dari penjabaran tentang definisi mobilitas sosial di atas kita dapat mengambil kesimpulan tentang definisi mobilita sosial. Mobilitas sosial adalah suatu perubahan/perpindahan kelas sosial, baik ke atas maupun ke bawah, yang dialami oleh individu ataupun kelompok sosial, sehingga memberikan dampak sosial baru bagi anggota masyarakat yang mengalami mobilitas sosial.

SHARE THIS

Author:

simastahku.admin@gmail.com

0 komentar: