KI KD Informatika K13 Kelas 10 SMA/MA/SMK
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik.Berikut ini kami bagikan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013 untuk Kelas 10 SMA/MA/SMK.
Saya menyusunnya dalam bentuk tabel di bawah ini dengan tujuan supaya mudah untuk anda salin kemudian di copy ke dalam microsft word.
Atau jika tidak maka bisa langsung anda baca dengan melalui perangkat smartphone atau laptop kapan saja anda mau. Bagaimana sangat mudah sekali kan kawan.
 Kompetensi   Inti 3 (Pengetahuan)   |     Kompetensi   Inti 4 (Keterampilan)   |   
 3. Memahami, menerapkan,   menganalisis pengetahuan   faktual,   konseptual, prosedural   berdasarkan   rasa ingintahunya tentang   ilmu   pengetahuan, teknologi,   seni, budaya,   dan humaniora dengan   wawasan   kemanusiaan, kebangsaan,   kenegaraan, dan peradaban   terkait   penyebab fenomena dan   kejadian,   serta menerapkan   pengetahuan   prosedural pada bidang   kajian yang   spesifik sesuai dengan   bakat dan   minatnya untuk memecahkan   masalah.   |     4. Mengolah, menalar, dan   menyaji   dalam ranah konkret dan   ranah   abstrak terkait dengan   pengembangan dari yang   dipelajarinya di sekolah   secara   mandiri, bertindak secara   efektif dan   kreatif, dan mampu   menggunakan   metode sesuai kaidah   keilmuan.   |   
 Kompetensi   Dasar   |     Kompetensi   Dasar   |   
 Teknologi   Informasi dan Komunikasi   |   |
 3.1 Mengenal lebih dalam   integrasi antar   aplikasi office (pengolah   kata, angka,   presentasi).   |     4.1.1 Membuat laporan yang   membutuhkan integrasi objek   berupa teks, data dalam   bentuk   angka maupun visualisasi   chart/grafik, gambar/foto.   4.2.1 Memakai fitur lanjut   aplikasi office.   |   
 Teknik   Komputer   |   |
 3.2.1 Memahami interaksi   antara   perangkat keras, perangkat   lunak   dan pengguna.   3.2.2 Mengenal jenis-jenis   persoalan   terkait penggunaan komputer   yang   lebih kompleks dari   sebelumnya.   |     4.2 Melakukan interaksi   (transfer data,   tethering) antara dua atau   lebih   perangkat yang berbeda.   |   
 Jaringan   Komputer/Internet   |   |
 3.3 Mengenal jaringan   komputer lebih   teknis.   |     4.3.1 Menjelaskan komponen   jaringan   dan mekanisme yang terjadi   dalam   sebuah jaringan.   4.3.2 Menjelaskan   jenis-jenis jaringan   komputer   |   
 Analisis   Data   |   |
 3.4 Memahami bahwa data   dapat   dikoleksi secara kontinyu   dan   otomatis melalui berbagai   perangkat.   |     4.4 Melakukan berbagai cara   pengumpulan data yang   dijelaskan di   kelas   |   
 3.5 Memahami aspek privasi   dalam   pengumpulan data.   |     4.5 Mengambil dan   mempublikasi data   dengan memerhatikan aspek   privasi.   memanfaatkan fitur   visualisasi dari   pengolah angka   |   
 3.6 Memahami data yang   terkumpul   dalam jumlah besar yang   dapat   ditransformasi,   digeneralisasi,   disederhanakan.   |     4.6 Memroses data dengan   fitur lanjut   pemroses angka.   |   
 3.7 Mengenal berbagai cara   visualiasi   data.   |     4.7 Memvisualisasikan data   dalam   jumlah besar serta   memberikan   interpretasi yang   berdasarkan   penalaran dan prediksi data   dengan   |   
 Algoritma   dan Pemrograman   |   |
 3.8.1 Mengenal notasi   algoritma.   3.8.2 Mengenal   struktur/templates   program dalam bahasa yang   diajarkan.   3.8.3 Memahami variabel,   value,   konstanta, ekspresi dan   instruksi   input/output.   3.8.4 Memahami mekanisme   eksekusi kondisional dan loop.   3.8.5 Memahami struktur   data dasar   (array sederhana).   |     4.8.1 Menulis program   sederhana   dengan satu program utama   yang   memakai salah satu atau   gabungan   dari pengetahuan 3.8.1   sampai   dengan 3.8.5   4.8.2 Mengkombinasikan   struktur   kontrol dan mengetahui   akibatnya,   berdasarkan dengan   pengathuan   3.8.1 sampai dengan 3.8.5   |   
 Dampak   Sosial Informatika   |   |
 3.10.1 Mengenal Aspek   sosial dari   penggunaan komputer.   3.10.2 Mengetahui bahwa   rancangan dan   penggunaan teknologi dapat   memperbaiki kualitas hidup   atau   memperburuk, bahkan   memperlebar kesenjangan   untuk   mengakses informasi.   |     4.10 Menunjukkan dan   menjelaskan   kasus-kasus sosial dari   implementasi produk TIK   yang   menimbulkan dampak positif   dan/atau negatif.   |   
 Berpikir   Komputasional (Tematis)   |   |
 3.11 Computational Thinking   untuk   menyelesaikan persoalan   yang   lebih kompleks dari   sebelumnya,   yang membutuhkan   dekomposisi,   abstraksi dan representasi   data,   serta berpola.   |     4.11 Memecahkan persoalan   agak   kompleks yang membutuhkan   dekomposisi, abstraksi dan   representasi data serta   berpola.   |   
 Praktik   Lintas Bidang (Tematis)   |   |
 3.12 Cross-Cut Component,   Capstone   (Integrasi pengetahuan dan   keterampilan), Praktek   |     4.12.1 Membina Budaya kerja   masyarakat   digital dalam tim yang   inklusif.   4.2.2 Berkolaborasi untuk   melaksanakan   tugas dengan tema   komputing.   4.12.3 Mengenali dan   mendefinisikan   Persoalan yang pemecahannya   dapat didukung dengan   komputer.   4.12.4 Mengembangkan dan   menggunakan abstraksi.   4.12.5 Mengembangkan   Artefak   komputasional (produk TIK):   Siswa   mampu membuat program   sederhana untuk menunjang   komputasi yang dibutuhkan   di   pelajaran lain.   4.12.6 Mengembangkan   rencana   pengujian, Menguji dan   mendokumentasikan hasil uji   artefak Komputasional   (produk   TIK).   4.12.7 Mengkomunikasikan   suatu proses,   fenomena, solusi TIK dengan   mempresentasikan, memvisualisasikan   serta   memerhatikan Hak kekayaan   intelektual.   |   
Demikianlah informasi mengenai KI KD Informatika K13 Kelas 10 SMA/MA/SMK yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya. Sumber https://www.panduandapodik.id/
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.